Tips Mengambil Foto Bokeh Yang Menarik

Foto Bokeh sekali lagi dapat digunakan untuk berbagai jenis dan subjek fotografi. Namun di antara jenis dan tema tersebut, fotografi malam menawarkan efek bokeh yang lebih mempesona. Pada malam hari, kamera dapat menghasilkan sorotan yang indah, tidak fokus, dan efek cahaya kabur yang membanjiri siapa pun.

Bagi Anda penyuka fotografi satwa liar, Anda bisa mengambil gambar yang menarik tergantung dari efek bokehnya. Seiring waktu, foto Anda bisa lebih fokus pada subjek – yang dalam konteks ini adalah satwa liar. Ini kemudian memberikan sedikit keburaman pada lanskap alam sekitarnya, menghasilkan foto yang dramatis dan kelas atas.

Tips mengambil gambar Bokeh yang menarik

Jadi, bagaimana Anda memotret bokeh kelas atas? Ikuti tips di bawah ini.

1. Perhatikan Depth of Field
Anda harus terlebih dahulu dapat menyesuaikan kedalaman bidang dengan menyesuaikan apertur kamera untuk mendapatkan efek foto buram yang diinginkan. Hal ini tentunya bergantung pada jenis lensa yang digunakan dan sumber cahaya yang didapat. Untuk mengaburkan latar belakang, terkadang Anda hanya perlu mendekatkan subjek ke lensa.

2. Pisahkan tema dari latar belakang
Usahakan selalu untuk memisahkan subjek foto dari latar belakang. Semakin jauh subjek dari latar belakang, semakin besar kemungkinan efek bokeh dapat diperoleh. Salah satu caranya adalah dengan mencoba mengurangi jarak antara kamera dan subjek.

3. Gunakan lensa Zoom
Pilih lensa dengan ketajaman lebih lama yang memungkinkan Anda melihat bokeh yang lebih menarik. Oleh karena itu, penggunaan lensa zoom sangat dianjurkan.

Baca: 15 aplikasi pengeditan foto PC terbaik yang direkomendasikan

4. Gunakan tripod
Selalu gunakan tripod untuk menstabilkan kamera. Selain itu, tripod sangat berguna untuk fokus yang tajam pada subjek gambar.

5. Gunakan perangkat lunak
Untungnya, ada banyak software untuk membantu Anda menciptakan efek bokeh yang diinginkan. Nah, jika Anda menggunakan Adobe Photoshop, jangan lupa untuk mendownload Bokeh Photoshop Full Set; yang membuatnya lebih mudah untuk menambahkan bokeh selama proses pengeditan foto dan membuat keburaman cahaya lebih jelas dan lebih terlihat.

Baca juga:

Author: 2bfmp