Makanan Yang Dapat Memblokir DHT dan Melawan Rambut Rontok

Dihydrotestosterone (DHT) adalah hormon yang mirip dengan testosteron yang diduga berkontribusi pada kerontokan rambut pada pria dan wanita.

Tubuh secara alami mengubah sekitar 5% testosteron menjadi DHT menggunakan enzim yang disebut 5-alpha reductase (1 sumber terpercaya).

Dengan memblokir enzim ini, diyakini bahwa banyak makanan mengurangi produksi DHT dari testosteron dan mencegah kerontokan rambut (2).

Berikut 6 makanan yang bisa melawan rambut rontok dengan memblokir DHT.

Table of Contents

1. Teh hijau

Berasal dari tanaman Camellia sinensis, teh hijau merupakan salah satu minuman paling populer di dunia.

Selama produksi, daun teh hijau dikukus – dan tidak difermentasi, seperti yang biasanya terjadi pada teh oolong dan teh hitam – yang menyimpan sejumlah besar senyawa alami teh (3).

Ini termasuk salah satu bahan kimia tanaman utama dalam teh hijau, epigallocatechin gallate (EGCG), yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti penurunan berat badan, kesehatan jantung, dan kesehatan otak (4, 5, 6, 6).

EGCG juga telah terbukti melindungi folikel rambut, bagian kulit yang menumbuhkan rambut, dari rambut rontok yang disebabkan oleh DHT (7).

Saat dioleskan pada kulit kepala tiga pria selama 4 hari, ekstrak alkohol, EGCG, merangsang pertumbuhan rambut dengan mencegah kematian sel, yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan rambut yang disebabkan oleh DHT (8).

Meskipun penelitian ini memiliki banyak keterbatasan dalam hal ukuran sampel yang kecil dan durasi perawatan yang singkat, hal ini membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut tentang topik ini.

Suplemen ekstrak teh hijau biasanya mengandung EGCG dalam jumlah standar, tetapi belum terbukti dapat mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan DHT. Kerusakan hati juga terkait pada beberapa populasi (sumber 9, 10, 11).

Terakhir, penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia untuk menentukan apakah mereka meminum teh hijau atau suplemen EGCG atau teh hijau yang memblokir DHT dan memerangi kerontokan rambut.

RINGKASAN
Teh hijau mengandung sejumlah besar senyawa tumbuhan, EGCG, yang mendukung pertumbuhan rambut dengan memblokir DHT dari folikel rambut yang berbahaya.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa berasal dari biji atau daging buah kelapa.

Biasanya digunakan untuk memasak karena ketahanannya terhadap suhu memasak yang tinggi. Minyak ini juga memiliki berbagai aplikasi di bidang kecantikan, perawatan kulit, perawatan rambut, dan kesehatan umum.

Minyak kelapa mengandung persentase trigliserida rantai menengah (MCT) yang tinggi, terutama dalam bentuk asam laurat, yang telah terbukti menghambat produksi DHT dalam tabung dan hewan percobaan saat diberikan secara oral (12, 13, 14 sumber terpercaya).

Meskipun jenis penelitian ini, yang disebut studi praklinis, membantu peneliti menentukan apakah pengobatan tertentu efektif atau aman, hasilnya tidak manusiawi.

Oleh karena itu, diperlukan uji klinis pada manusia sebelum minyak kelapa dapat direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati kerontokan rambut.

Baca juga:

Author: 2bfmp