Efek Bokeh yang Bagus

Efek bokeh adalah salah satu efek yang paling menarik untuk direproduksi dalam fotografi.
Orang sering bertanya kepada saya, “Apakah latar belakang bokeh itu?” dan pertanyaan berikut selalu, “Bagaimana cara mendapatkan efek bokeh dalam foto saya?”.

Latar belakang bokeh, umumnya dikenal sebagai efek bokeh, adalah latar belakang lembut atau buram dalam sebuah gambar. Ini diperoleh dengan mengontrol serangkaian aspek seperti apertur, jarak dari subjek, panjang fokus, dan ukuran sensor. Lantas bagaimana cara membuat foto dengan background blur yang lembut?

Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui teknik ini selangkah demi selangkah. Pada akhirnya, Anda akan bisa mendapatkan latar belakang bokeh yang indah dalam foto Anda.

Apakah Efek Bokeh itu?

Bokeh adalah istilah yang digunakan dalam fotografi untuk mendeskripsikan fenomena optik latar belakang yang lembut di luar fokus. Ini disebut “bokeh” atau “boke” dan ini adalah kata dalam bahasa Jepang, dan artinya “kabur” atau “kabut”.

Foto prototipe gadis tersenyum dengan latar belakang bokeh yang indah
97mm, 1 / 1600sec, F / 2.8, ISO200
Ini adalah aspek fotografi yang esensial karena dapat mengubah persepsi pemirsa tentang subjek secara dramatis.

Saat berada di luar fokus, area highlight gambar menjadi lingkaran cahaya yang lembut dan seperti hantu, menyenangkan bagi mata.

Bokeh menentukan seberapa menonjol subjek (objek atau orang atau hewan) dalam foto dari latar belakang, dan ini membantu menyempurnakan kesan 3 dimensi gambar.

Bergantung pada lensanya, bokeh bisa memiliki berbagai bentuk.

Itu bisa melingkar, atau bahkan heksagonal. Tepi lingkaran bisa lebih halus atau lebih kasar.

Dan semua ini bisa mempengaruhi daya tarik sebuah gambar.

Dalam artikel ini, saya akan menggunakan istilah keburaman latar belakang dan efek bokeh secara bergantian.

Bokeh Efek yang Bagus

Bokeh yang bagus enak dipandang. Bokeh yang dianggap bagus adalah bokeh yang tidak menghadirkan tepian tajam dan tidak menarik perhatian penonton.

Seperti yang akan kita lihat sebentar lagi, untuk mencapai bokeh yang bagus, beberapa faktor harus diperhitungkan, dari aperture lensa Anda hingga panjang fokus dan jarak dari subjek.

Ukuran sensor kamera Anda juga dapat berkontribusi pada betapa mudahnya mendapatkan efek bokeh yang indah.

Bagaimana Apertur Menghasilkan Efek Bokeh
Seperti yang Anda mungkin atau mungkin tidak tahu, aperture lensa bisa lebar atau sempit. Ini menentukan jumlah cahaya yang mencapai sensor kamera, dan diukur dalam f / stop.

Apertur lebar dapat berupa, misalnya, f / 2.8 atau f / 4 (atau bahkan lebih kecil), sedangkan aperture sempit adalah f / 22.

Semakin kecil nilai f / stop, semakin lebar aperture dan sebaliknya.

Baca juga:

Author: 2bfmp