Pengertian Usus Halus

Usus halus adalah tabung bengkok panjang yang mencapai perut manusia ke suatu tempat yang menempel pada usus besar. Usus halus dibagi menjadi tiga bagian berbeda yaitu Duodenum, Jejunum dan Ileum.

Memahami Usus Halus

Usus halus atau usus halus merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berbeda antara lambung dan usus besar (Wikipedia). Usus halus atau usus halus merupakan sumber serbuk sari makanan terpanjang dan proses pencernaan terpanjang (Abdullah, et al., 2007: 86). Dinding usus kaya akan pembuluh darah yang membawa nutrisi yang diserap ke dalam hati melalui vena porta. Dinding usus adalah lendir (yang melumasi isi usus) dan udara (yang membantu mengencerkan pecahan makanan yang dicerna). Dinding usus juga melepaskan beberapa enzim yang mencerna protein, gula, dan lemak.

Fungsi Halus yang baik

Fungsi utama usus halus adalah untuk pencernaan dan penyerapan makanan yang masuk. Makanan yang berasal dari saluran pencernaan terpilih, zat penyerap nutrisi dan pencernaan dikirim ke usus besar. Menurut Pearce (2008: 230) fungsi usus halus adalah mencerna dan menyerap jeruk nipis dari lambung. Usus halus juga bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi yang telah dibersihkan akibat lambung dan pankreas (Karmana, 2007: 174). Gibson (1981: 198) menambahkan fungsi usus halus antara lain:

Lihat Juga: Memahami Usus dan Fungsi serta Strukturnya

  • Sekresi cairan usus
    Terima saluran empedu dan pankreas.
    Makanan pencernaan usus dan pankreas mengandung enzim yang diubah:
  • Protein adalah asam amino.
    Karbohidrat adalah glukosa, maltosa, dan galaktosa.
    Lemak menjadi asam yang bocor dan gliserol (dengan bantuan garam empedu di empedu dilepaskan ke empedu melalui kontraksi kandung empedu).
    Pencernaan selesai, makanan dibagi menjadi bentuk yang lebih sederhana yang diserap melalui dinding usus kecil ke dalam darah atau getah bening.
  • Menyerap udara, garam, dan vitamin.
    Pergerakan isi biasanya disebabkan oleh kontraksi segmental pendek dan “gelombang aliran” yang menggerakkan isi usus lebih cepat.

Struktur usus bagus

Menurut Karmana (2007: 174), usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu duodenum (usus 12 jari), genus, dan ileum. Usus halus panjang 5,5 m – 8 m. Panjang duodenum + 25 cm, genus + 7 m, dan ileum + 1 m. Starr dan Taggart dalam Karmana (2007: 174) mengungkapkan struktur dinding halus yang terdiri dari lapisan serosa, mukosa muskuloskeletal, submukosa, dan mukosa. Selain itu, di usus halus terdapat otot longitudinal, otot melingkar, pembuluh darah, dan saraf pleksus.

Struktur usus bagus

Baca juga: Informasi tentang Jantung Manusia dan Fungsi serta Jenis Gangguan

Tiga Belas (Duodenum)
Penggunaan dua belas jari yang paling dekat dengan perut dan mulut dalam dua saluran yaitu pankreas dan kandung empedu (Tim Guru Indonesia, 2015: 398). Usus dua belas jari atau duodenum adalah bagian dari usus kecil yang lewat setelah lambung dan terhubung ke usus kosong (genus). Saluran usus dari dua belas jari adalah bagian terdekat dari usus kecil, dimulai dari bola duodenum dan terakhir ligamentum Treitz.

Usus dua belas jari adalah organ retroperitoneal, yang tidak tertutup dalam membran peritoneal. Asam usus (pH) dari dua belas jari kira-kira normal pada sembilan derajat. Di usus dua belas jari ada dua saluran mulut pankreas dan kantong empedu. Nama duodenum berasal dari bahasa Latin duodenum digitorum, yang berarti dua belas jari.

Sumber: blog.malavida.co.id

Author: 2bfmp