Mempercepat Umur Panen Bayam

Saya telah menjelaskan cara menghasilkan bayam organik. Pada kesempatan kali ini akan diberikan tips agar tanaman bayam lebih cepat panennya. Pada umur 15 hari, panen sudah bisa dipanen tanpa memperhatikan kualitas, kuantitas dan mutunya.

Budidaya bayam atau Amarnthus spp. tumbuh cukup baik cukup besar dan siap dipanen setelah 20 hari, sehingga benih disemai. Khusus untuk budidaya bayam organik mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Namun dengan perlakuan tertentu, tanaman bayam tua bisa tumbuh lebih cepat.

Bayam tumbuh optimal bila terkena sinar matahari yang cukup. Tidak ada koneksi 7 jam per hari. Tapi juga tidak mengalami kondisi kering, atau asupan udara rendah. Keadaan seperti itu tidak bisa dihindari di negara tropis saat musim kemarau.

Dengan teknik penyiraman yang tepat, budidaya bayam bisa lebih cepat dipanen dengan hasil yang melimpah. Hal ini nyatanya tak lepas dari pencarian habitat yang paling cocok untuk bayam. Langkah-langkah mengoptimalkan budidaya bayam organik:

1. Persiapan lahan

Tanahnya dipoles dan dibentuk merata, tidak melengkung seperti busur. Tujuannya agar penyiraman merata dengan tingkat pembasahan yang sama untuk setiap tanaman. Dengan banyak tanaman bayam tumbuh menyatu diantara sudut dan tengah kasur.

Lebar tempat tidur dibuat 1 meter, panjangnya 10 meter. Ini untuk memudahkan perawatan, seperti penyiraman dan pemupukan. Tinggi bedengan dibuat 15 cm dengan jarak antar bedengan sekitar 20 cm.

2. Berikan pupuk dasar

Gunakan kotoran kandang dari peternakan ayam kering sebagai pupuk dasar. Kotoran jenis ini berguna dalam budidaya bayam karena memiliki kandungan nitrogen (N) yang tinggi dibandingkan dengan kotoran domba atau sapi.

Pupuk kandang dari peternakan ayam potong biasanya dicampur dengan sekam padi. Agar lebih mudah ditebar merata, tidak seperti kotoran dari domba atau peternakan yang bertekstur saat menggumpal.

Pemberian pupuk dasar pada bayam sebaiknya dilakukan dalam 2 lapis. Begini caranya, tanah di atas bedengan sedalam 5 cm. Taburkan pupuk secara merata di atas tempat tidur rajutan. Tutupi kembali dengan tanah hasil pengerukan sebelumnya.

Setelah tertutup tanah, lalu taburi dengan biji bayam. Kemudian taburkan kembali pupuk setelah penyemaian benih. Jadi pupuk ada dua lapis, yaitu di permukaan tanah dan 5 cm di tanah.

Pemberian pupuk 2 lapis sangat berpengaruh untuk pertumbuhan dan stamina bayam setelah berumur 10 hari. Dengan pupuk organik di lapisan bawah, tanaman bayam akan mendapat asupan yang salah. Karena lebih banyak tumbuhan, akar yang lebih dalam menembus ke dalam tanah. Pada saat yang sama, di dalam tanah tidak terdapat unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Tidak perlu menunggu tambahan pupuk susulan.

Mempercepat kehidupan bayi

3. Pengaturan drainase

Lahan untuk menanam bayam harus memiliki drainase yang baik. Bayam tidak membutuhkan kondisi tanah yang basah. Bayam akan kesulitan menyerap nutrisi jika kandungan udara di dalam tanah sangat rendah. Akibatnya tumbuh perlahan, daunnya agak kuning dan rapat.

Kontur tanah cocok untuk bayam, yang terjadi ketika udara stageg karena hujan, udara dapat dengan cepat lewat. Yang terbaik adalah menghubungi stagnasi udara 10 menit segera setelah hujan berhenti.

4. Teknik penyiraman

Penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari selama masa perkecambahan yaitu 3 hari pertama sejak benih disemai. Fungsinya untuk menjaga kelembapan benih agar perkecambahan bisa lancar. Setelah 4 hari mandi bisa dilakukan 1 hari, pagi atau hari sakit.

Penyiraman pada siang hari bisa dilakukan asalkan tingkat kelembapannya lebih tinggi. Parameternya adalah tanah harus basah dengan semua air. Volume udara yang dibutuhkan 2 kali lebih banyak dari pada penyiraman pagi atau siang hari. Dengan begitu, hasil penyiraman pada siang hari, saat matahari bersinar terik membuat bayam tumbuh subur.

Jika saat hujan turun, sebaiknya bilas pagi hari sambil membilas secara merata. Tapi volumenya rendah. Hal ini bertujuan untuk mendorong perkembangan jamur dan bakteri yang menempel pada tanaman dengan cara menyemprotkan air hujan dari tanah.

Author: 2bfmp