Perhitungan Biaya Berdasarkan Akivitas

Perhitungan Biaya Berdasarkan Akivitas

Meningkatnya komputerisasi dan otomasi di pabrik-pabrik telah mengarahkan pada perubahan-perubahan penting dalam sistem untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi biaya. Enam puluh tahun yang lalu, hampir semua perusahaan mengalokasikan biaya overhead ke produk melalui tarif overhead tingkat pabrik yang didasarkan pada jan atau dolar tenanga kerja langsung. Dalam pusat-pusat biaya ini, biaya tenaga kerja langsung mungkin digabungkan dengan biaya-biaya lain, sehingan menjadi biaya konversi yaitu, biaya tenaga kerja dan biaya overhead untuk mengonversi bahan baku dan membabankan biaya R&D, biaya umum dan administratif, serta biaya pemasaran ke produk. Kata aktivitas sering kali digunakan dibandingkan dengan kata pusat biaya, dan pemicu biaya lebih sering digunakan dibandingkan dengan kata dasar alokasi, dan sistem biaya ini disebut dengan sistem perhitungan biaya berdasrkan aktivitas.

Dasar alokasi, atau pemicu biaya, untuk masing-masing biaya mencerminkan penyebab dari terjadinya biaya yaitu, elemen yang menjelaskan mengapa jumlah biaya yang terjadi di pusat biaya atau aktivitas itu bervariasi. Misalnya dalam pembelian, pemicu biaya mungkin jumlah pesan yang ditempatkan, untuk transportasi internal, jumlah komponen yang dipindahkan, untuk desain produk, jumlah kompenen-kompenen yang berbeda dalam produk tersebut, dan untuk pengendalian produksi, jumlah persiapan. Bahwa penyebab di sini mengacu pada faktor yang menyebkan timbulnya biaya di pusat biaya individual tersebut. Dengan demikian dasar aktivitas untuk alokasi overhead kemungkinan besar tidak menghasilkan biaya produk yang jauh berbeda dari dasar yang dipicu oleh volume yang terikat dengan biaya tenaga kerja.

Biaya tidak langsung sekarang merupakan bagian yang didominan dari biaya di banyak perusahaan. Dalam prototipe pabrik yang fleksibel, bhan baku merupakan satu-satunya biaya yang bergantung terhadap volume dan satu-satunya biaya secara langsung berkaitan dengan produk individual. Pendukung ABC menyatakan bahwa penilain yang berarti dari biaya penuh saat ini harus melibatkan pembebanan overhead sesuai dengan proporsi aktivitas yang menghasilkan dalam jangka panjang.

Sumber :

Moto G5S Plus masuk India akhir Agustus

 

Author: 2bfmp