Hubungan Proses dengan Rantai Nilai dari Perusahaan

Hubungan Proses dengan Rantai Nilai dari Perusahaan

 Analisis rantai nilai secara ekspisit mengakui fakta bahwa aktivitas nilai individual dalam suatu perusahaan tidaklah independen tetapi saling bergantung. Suatu perusahaan mungkin ingin menganalisis hubungan proses di dalam rantai nilai, mencari cara untuk meningkatkan efesiensinya. Tujuan keseluruhan dari semua analisis ini adalah untuk memindahkan bahan baku pertama-tama dari pemasok, melalui produksi, dan kepelanggan dengan biaya rendah, waktu terpendek, dan kualits yang dapat diterima.

Suatu perusahaan sebaiknya juga bekerja ke arah peningkatan efesiensi dari setiap kativitas di dalam rantai nilai tersebut melalui pemahaman yang lebih baik atas pemicu yang mengatur biaya dan nilai dari setiap aktivitas.

Efesiensi dari bagian dalam yaitu bagian yang mendahului produksi dapat ditingkat dengan mengurangi jumlah vendor, dengan menggunakan komputer untuk menempatkan pesanan secara otomatis, dengan membatasi pengantaran menjadi jumlah yang “ just-in-time” yang mengurangi persediaan, dan dengan membuat pemasok bertanggung jawab atas kualitas, yang mengurangi atau menghilangkan biaya inspeksi.

Efesiensi dari bagian produksi dapat ditingkatkan dengan meningkatkan otomasi, mungkin dengan menggunakan robot, dengan mengatur kembali mesin ke dalam “sel-sel,” yang masing-masing melaksanakan serangkaian langkah-langkah produksi yang saling berkaitan, dan dengan sistem pengendalian produksi yang lebih baik.

Efesiensi dari luar yaitu dari pintu pabrik sampai ke pelanggan dapat ditingkatkan dengan membuat pelanggan memesan secara elektronik yang sekarang adalah umum dalam perusahaan pemasok rumah sakit dan dalam jenis-jenis pritel tertentu, dengan menubah lokasi gudang, dengan mengubah jalur distribusi dan menempatkan lebih banyak atau lebih sedikit penekanan pada distributor dan penjual grosir, dengan meningkatkan efesiensi dari operasi gudang, dan dengan mengubah bauran antara truk yang di operasikan prusahaan dan transportasi yang dis

Sumber :

https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/status-whatsapp-kini-bisa-hanya-teks/

 

Author: 2bfmp