Tidak Boleh Membiarkan Bekas Luka Bakar

Bekas luka bakar harus dirawat sesegera mungkin. Luka bakar disebabkan oleh kontak panas dengan kulit, menyebabkan cedera pada jaringan kulit. Ketika luka bakar sembuh, biasanya meninggalkan bekas luka hipertrofik. Jika dibiarkan sendiri, noda ini dapat menyebabkan masalah lain.

Jadi, pelajari langkah-langkah berikut untuk mengobati bekas luka bakar.

Identifikasi bekas luka bakar

Saya mengalami luka bakar
Ada banyak sumber panas yang bisa menyebabkan luka bakar. Percikan listrik, sinar matahari, dari anggota badan hingga logam panas. Luka bakar yang terjadi di kelas dua dan tiga biasanya dapat meninggalkan bekas luka hipertrofik.

Bekas luka hipertrofik biasanya ditandai dengan kulit kemerahan hingga ungu. Selain itu, luka bakar terjadi di permukaan kulit. Anda biasanya merasa panas dan gatal di area yang terbakar.

Selama masa pemulihan, ada proses penyembuhan dalam tubuh untuk membantu memperbaiki kulit yang rusak dengan protein yang disebut kolagen. Pada dasarnya, kolagen dapat memperbaiki kulit secara sistematis dan seragam. Namun, pada bekas luka hipertrofik, kolagen memberi kulit tekstur dan penampilan yang tidak rata. Jadi mungkin butuh waktu untuk menyembuhkan luka. Untuk hasil terbaik, bekas luka bakar perlu penanganan segera.

Biasanya, luka akan berlangsung selama beberapa bulan setelah terbakar. Puncak pembentukan luka membutuhkan waktu 6 bulan. Sementara itu, pemulihan membutuhkan waktu 12-18 bulan. Seiring waktu, bekas luka memudar, mengempis dan kulit melunak.

Gas gangren membakar makanan
Jaringan parut hipertrofik dapat menyebabkan masalah berikut.

Cidera Sendi Menyebabkan Kesulitan Bergerak (Perjanjian)
Ketidakamanan dirasakan karena bentuk luka bakar
Akan menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah
Noda menjadi lebih sensitif saat terkena sinar matahari dan bahan kimia
Untuk itu, Anda harus segera mengobati bekas luka bakar untuk mengurangi masalah di atas. Langkah-langkah harus diikuti agar kulit bisa mendapatkan kembali yang berikut.

Tindakan untuk mengobati bekas luka bakar

Ketika luka bakar terjadi, Anda memerlukan bantuan tim medis untuk mendapatkan pertolongan pertama, tergantung pada tingkat luka bakar. Setelah luka sembuh, bekas luka yang tersisa harus dirawat sehingga memudar dengan baik. Ketika lukanya benar-benar sembuh, tentu saja, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti biasa ketika Anda percaya diri.

Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk mengobati bekas luka bakar.

1. Oleskan gel untuk menghilangkan noda

Setelah melakukan berbagai perawatan yang direkomendasikan oleh dokter, Anda harus menjalani perawatan untuk menyembuhkan luka bakar. Oleskan gel penghapus noda segera untuk mengobati daerah yang terkena.

Pilih obat bekas luka bakar berbasis gel silikon yang memiliki teknik CPX dan formulasi vitamin C ester untuk mengurangi jaringan parut. Formulasi teknologi CPX adalah agen elastomer yang dapat memudar bekas luka, cepat kering dan tahan air.

Sementara itu, kandungan vitamin C ester (tetraisopulmitate askorbat) dapat mencegah eritema parah (bintik merah), kehilangan air transsepidermal (penguapan air pada kulit) dan terbakar sinar matahari.

Oleskan gel untuk menghilangkan bekas luka dengan 1 stroke 2 kali sehari selama 8 minggu untuk hasil terbaik dan seragam.

2. Jadilah gerakan aktif

Bangun berbaring
Kontraksi menyebabkan kesulitan dalam memindahkan bagian-bagian tertentu dari tubuh karena bekas luka terbakar. Jika kaki berkontraksi, bisa jadi sulit untuk berjalan, duduk, duduk atau naik tangga.

Kontrak di area tangan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, berpakaian, mandi, dan aktivitas terkait lengan lainnya.

Mengobati bekas luka bakar kontrak dapat membantu Anda melakukan hal berikut.

Regangkan tubuh Anda setidaknya 5-6 kali sehari
Oleskan pelembab yang direkomendasikan oleh pemotong dokter.
Percaya terapis untuk membantu Anda melakukan peregangan, sehingga area kompresi menjadi lebih fleksibel
Lakukan kegiatan sehari-hari untuk melatih gerakan di area kontrak.

3. Hindari sinar matahari

Selain berurusan dengan gel penghapus noda, Anda harus melindungi area tersebut dari paparan sinar matahari langsung. Noda yang berubah warna mudah terbakar.

Karena itu, dukungan untuk perawatan bekas luka bakar dapat dilakukan dengan cara ini.

Baca juga:

Author: 2bfmp