Perbedaan ABC dan ABM dalam Akuntansi

Manajemen perusahaan membutuhkan informasi yang berkualitas dan tepat waktu agar pekerjaan yang dilakukan dapat mencapai tujuan dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Manajer akan menggunakan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk menetapkan strategi yang tepat, mendesain ulang produk, dan mengurangi pemborosan dalam kegiatan operasional. ABC dan ABM memiliki hubungan karena ABM membutuhkan informasi dari ABC untuk memberikan contoh akuntansi manajemen terkait dengan peningkatan sebagai standar pemasaran. Perbedaan antara ABC dan ABM adalah sebagai berikut.

1. Definisi ABC dan ABM

1. Definisi ABC

Qing Sting (ABC) berbasis aktivitas adalah sistem untuk menentukan aktivitas seperti beban berdasarkan penggunaan sumber daya dan menempatkan biaya pada produk atau barang konsumen berdasarkan ukuran aktivitas dan mengukur biaya dan kinerjanya. Proses dan kegiatan yang terkait dengan item biaya. Tujuan analisis ABC sebagai manfaat akuntansi manajemen untuk semua kegiatan adalah untuk meningkatkan kegiatan dan penyebab kegiatan yang terjadi di masing-masing departemen, kondisi di mana setiap kegiatan dilakukan, frekuensi setiap kegiatan dalam implementasinya, sumber daya untuk setiap aktivitas dan sumber daya. Perusahaan yang dimiliki.

2. Definisi ABM

Activity Based Manager (ABM) adalah sistem yang berfokus pada penggunaan sumber daya untuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sehingga perusahaan tahu bagaimana menggunakan sumber dayanya. Untuk alasan ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kegiatan yang dihabiskan dalam sumber daya dengan mengidentifikasi pendorong biaya. Pemahaman yang baik tentang berbagai kegiatan akan memberikan informasi tentang cara menggunakan, mengelola, dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sistem ini terintegrasi dan berfokus pada kegiatan fungsi akuntansi manajemen yang meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan memberikan nilai kepada pelanggan dan nilai bagi pelanggan.

2. Dimensi ABC dan ABM

Untuk. Dimensi ABC

Activity based costing (ABC) memiliki dua parameter berikut.

Aktivitas yang menyebabkan ABC adalah sumber daya tambahan atau tidak langsung yang menyediakan kemampuan untuk melakukan kegiatan, bukan hanya karena alasan biaya.
Suatu produk atau layanan yang dihasilkan oleh seorang pelanggan, suatu kegiatan atau suatu kegiatan yang memerlukan berbagai kegiatan untuk muncul agar dapat menggunakan sumber daya untuk melakukan kegiatan tersebut menyebabkan permintaan berdasarkan pada kegiatan atau kegiatan tersebut.
Konsep dasar dari sistem ABC dibuat karena kegiatan yang menyebabkan biaya. Perusahaan harus dapat mengelola kegiatannya secara efektif dan efisien. Selain biaya produksi, biaya yang dikeluarkan untuk produksi produk adalah biaya desain produk, teknik, produksi, penjualan, dan kegiatan layanan.

Tautkan sponsor

Iya. Dimensi ABM

Peran sistem informasi akuntansi manajemen berbasis aktivitas memiliki dua dimensi sebagai berikut.

Parameter harga
Dimensi biaya memberikan informasi tentang sumber daya, aktivitas, produk, dan biaya yang terkait dengan pelanggan (serta biaya penting lainnya), di mana biaya sumber daya dapat dilacak dari aktivitas, dan kemudian aktivitas ini diambil dari pelanggan. Parameter ini mencerminkan kebutuhan untuk membagi biaya sumber daya antara kegiatan dan biaya kegiatan dalam proyek-proyek seperti konsumen dan produk, sehingga keputusan penting dapat dianalisis. Keputusan-keputusan ini termasuk penetapan harga, pengadaan produk, dan prioritas upaya reformasi.

Tautkan sponsor

Parameter proses
Parameter proses memberikan informasi tentang kegiatan apa yang dilakukan, mengapa kegiatan itu dilakukan dan seberapa baik kegiatan itu dilakukan. Parameter ini menjelaskan tanggung jawab untuk aktivitas berbasis aktivitas dan berfokus pada tanggung jawab untuk aktivitas, bukan biaya, dan bukan kinerja individu, tetapi menekankan memaksimalkan kinerja sistem secara keseluruhan. Dengan demikian, parameter ini mencerminkan kebutuhan akan serangkaian informasi baru tentang kinerja kegiatan. Informasi ini mengungkapkan faktor-faktor yang memicu biaya dan ukuran kinerjanya.

Sumber: guruakuntansi.co.id

Baca juga:

Author: 2bfmp