Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Regenerasi pada Kultur Jaringan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Regenerasi pada Kultur Jaringan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi regenerasi pada kultur jaringan yang dilakukan pada suatu tanaman, yaitu:

  1. Bentuk Regenerasi dalam Kultur In Vitro

Bentuk regenerasi dalam kultur In Vitro pucuk aksilar, pucuk adventif, embrio somatik, dan pembentukan protocorm like bodies.

  1. Eksplan

Eksplan adalah bagian tanaman yang dipergunakan sebagai bahan awal untuk perbanyakan tanaman. Faktor eksplan yang penting adalah genotipe/varietas, umur eksplan, letak pada cabang, dan seks (jantan/betina). Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagi eksplan adalah pucuk muda, batang muda, daun muda, kotiledon, hipokotil, endosperm, ovari muda, anther, dan embrio.

  1. Media Tumbuh

Di dalam media tumbuh mengandung komposisi garam anorganik, zat pengatur tumbuh, dan bentuk fisik media. Terdapat 13 komposisi media dalam kultur jaringan, antara lain: Murashige dan Skoog (MS), Woody Plant Medium (WPM), Knop, Knudson-C, dan Anderson. Media yang sering digunakan secara luas adalah MS.

  1. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman

Faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ZPT adalah konsentrasi, urutan penggunaan dan periode masa induksi dalam kultur tertentu. Jenis yang sering digunakan adalah golongan Auksin seperti Indole Aceti Acid(IAA), Napthalene Acetic Acid (NAA), 2,4-D, CPA dan Indole Acetic Acid (IBA). Golongan Sitokinin seperti Kinetin, Benziladenin (BA), 2I-P, Zeatin, Thidiazuron, dan PBA. Golongan Gibberelin seperti GA3. Golongan zat penghambat tumbuh seperti Ancymidol, Paclobutrazol, TIBA, dan CCC.

Sumber :

https://obatwasirambeien.id/asus-zenfone-4-selfie-lite-meluncur-di-filipina/

Author: 2bfmp