Manfaat Metode Pemberian Tugas

Manfaat Metode Pemberian Tugas

1)      Untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan cara belajar yang lebih baik dan memantapkan penguasaan perolehan hasil belajar.

2)      Bila dirancang secara proportional dapat meningkatkan bagaimana cara belajar yang benar.

3)      Apabila diberikan secara teratur, berkala akan menanamkan sikap belajar yang positif yang pada gilirannya dapat memotivasi anak untuk belajar sendiri, berlatih sendiri, dan memelajari kembali sendiri.

4)      Apabila dirancang secara tepat dan seksama akan menghasilkan prestasi belajar secara optimal.

5)      Bila menggunakan bahan yang bervariasi sesuai denga kebutuhan dan minat, maka memberikan arti yang besar bagi anak TK dalam konteks dapat membangkitkan minat anak  terhadap tugas yang akan diberikan berikutnya.

Tujuan Metode Pemberian Tugas

1)      Anak memperoleh pemantapan cara mempelajari materi pelajaran secara lebih efektif karna dalam kegiatan melaksanakan tugas itu anak memperoleh pengalaman belajar untuk memperbaiki cara belajar yang kurang tepat.

2)      Untuk meningkatkan keterampilan berfikir, yaitu keterampilan pada kemampuan yang paling sederhana  sampai ke yang kompleks yaitu dari kemampuan mengingat sampai kemampuan problem solve.

3)      Anak mampu meningkatkan kemampuan berfikirnya dalam kaitan pengembangan kreativitas, bahasa, berhitung, music, bermain, dan ilmu pengetahuan alam.

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas

1)      Pengajaran klasikal cenderung untuk menyesuaikan cara dan kecepatan mengajar terhadap ciri-ciri umum di kelas itu.

2)      Metode pemberian tugas digunakan untuk melatih aktivitas, kretivitas, tanggung jawab dan disiplin peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

3)      Peserta didik mendapat kesempatan untuk melatih diri bekerja secara mandiri.

4)      Metode pemberian tugas dapat merangsang daya pikir peserta didik, karena mereka dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapinya.

5)      Pemberian tugas disamping dapat dilakukan secara individu bisa juga dilakukan secara kelompok, dalam hal ini peserta didik dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil.

Sedangkan kelemahannya adalah:

1)      Apabila diberikan tugas kelompok, seringkali yang mengerjakannya hanya peserta didik tertentu saja..

2)      Apabila tugas diberikan diluar kelas, sulit untuk mengontrol peserta didik bekerja secara mandiri dan menyuruh orang lain untuk menyelesaikannya.

3)      Metode pemberian tugas menuntut tanggung jawab guru yang besar untuk memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik.

4)      Sering terjadi penyimpangan dalam penggunaan metode pemberian tugas dari pengajaran menjadi semacam hukuman.

5)      Apabila tugas sulit dikerjakan akan menyita waktu peserta didik untuk kegiatan lainnya.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/

Author: 2bfmp