Rukun Puasa

Table of Contents

Rukun Puasa

Rukun puasa ada dua, yaitu:

  1. a)Niat

Orang yang bershaum Ramadhan wajib berniat pada tiap malam sebelum fajar terbit, tidak sah shaumnya seseorang tanpa adanya niat. Lain halnya dengan shaum sunat, maka boleh dan sah niat disiang hari sebelum matahari condong kearah barat, asal belum melakukan hal-hal yang membatalkan shaum.

  1. b)Imsak (menahan diri)

Maksudnya menahan diri dari makan, minum, dan mengadakan hubungan seksual disiang hari, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

“Dan makan minumlah kamu, sehingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar kemudian sempurnakanlah itu sampai malam” (QS. Al-Baqarah: 187)

  1. HAL-HAL YANG MEMBATALKAN PUASA
  2. a)Memasukkan suatu benda ‘(Ain) kedalam rongga badan melalui lubang yang terbuka dengan sengaja.
  3. b)Makan dan minum dengan sengaja

Termasuk merokok dapat membatalkan shaum sebab asap yang diserap termasuk benda ‘ain. Adapun makan, minum karena lupa tidak membatalkan shaum.

  1. c)Bersenggama

Melakukan jima’ (bersebadan) disiang hari pada bulan Ramadhan batal shaumnya, tetapi apabila dilakukan pada malam harinya tidak dilarang (boleh).

Allah berfirman, yang artinya:

“Dihalalkan kepada kamu pada malam Ramadhan berkumpul dengan istri-istrimu” (QS. Al-Baqarah:187)

  1. d)Keluar air mani (Istimnak)

Batal shaum apabila keluar mani dengan sengaja bersetubuh dengan perempuan (Mubasyaroh), atau sengaja dikeluarkan (masturbasi).

  1. e)Muntah dengan sengaja

Orang yang membuat dirinya sengaja muntah, walaupun tidak ada yang kembali kedalam perut, batal shaumnya. Tetapi apabila muntahnya diluar kemampuannya dank arena tidak dapat ditahan lagi, seperti mabuk kendaraan atau karena kena penyakit, maka hal itu tidak membatalkan shaumnya.

  1. f)Haid dan Nifas

Perempuan yang sedang shaum kemudian dating bulan atau melahirkan maka shaumnya batal. Wajib atasnya melakukan qodlo.

  1. g)Gila

Orang yang sedang shaum kemudian gila(walaupun hanya sebentar) maka shaumnya batal. Wajib atasnya melakukan qodlo.

  1. h)Membatalkan niat shaum

Orang yang sedang shaum kemudian ditengah-tengah shaumnya berniat untuk buka, tidak mau meneruskan shaumnya maka shaumnya menjadi batal sekalipun ia tidak makan dan minum. Begiru juga dengan orang yang keluaar dari islam (murtad) shaumnya batal karena salah satu syarat wajib shaum tidak terpenuhi.

  1. FAEDAH PUASA

Tujuan berpuasa adalah membentuk pribadi yang taqwa kepada Allah SWT, tetapi mengandung pula beberapa faedah antara lain:

  1. Bagi orang puasa tentu saja merasakan lapar dan dahaga, dengan merasakan hal tersebut, maka dirinya akan merasa hibah terhadap fakir dan miskin, sehingga dalam hidup ini akan tumbuh rasa sosial, memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan.
  2. Orang yang berpuasa akan mendidik kesabaran dalam menghadapi berbagai macam problem kehidupan.
  3. Orang yang berpuasa akan mampu mendidik pribadi bersifat amanah dan percaya diri.
  4. Orang yang berpuasa akan mampu mendidik seseorang berkata benar.
  5. Orang yang berpuasa akan mampu memelihara kesehatan tubuh.

Sumber :

https://robinschone.com/droidjoy-gamepad-apk/

 

Author: 2bfmp