Makna Budaya

Makna Budaya

Makna Budaya

Makna Budaya
Makna Budaya
Secara harfiah, kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu buddhayah , ialah bentuk jamak dari buddhi  yang berarti budi dan akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal. Untuk lebih memahaminya berikut ini adalah beberapa pakar yang memberikan batasan atau pengertian tentang konsep budaya, diantaranya sebagai berikut;

1)Sir Edward Taylor

Beliau menyebutkan bahwa budaya adalah kompleks keseluruhan dari pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan semua kemampuan dan kebiasaan yang lain yang diperoleh oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

2)Soerjono Soekanto

Beliau menyatakan bahwa budaya terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif, yang mencakup segala cara atau pola-pola berfikir, merasakan, dan bertindak.

3)Koentjaraningrat

Beliau mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu.

4)Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Beliau mengusulkan definisi kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan ciptaan masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan (material culture) yang diperlukan oleh masyarakat untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatannya serta hasilnya dapat diabdikan pada keperluan masyarakat. Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan segala norma-norma dan nilai-nilai kemasyatakatan yang diperlukan untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan dalam arti luas. Cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan berfikir dari orang-orang yang hidup bermasyarakat dan yang antara lain menghasilkan filsafat serta ilmu-ilmu pengetahuan baik yang berwujud teori murni, maupun yang telah disusun untuk diamalkan dalam kehidupan masyarakat.

5)Harsojo

Beliau menyimpulakan bahwa kebudayaan meliputi seluruh kelakuan dan hasil kelakuan manusia, yang teratur oleh tata kelakuan, yang harus didapatkannya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pemaparan diatas tentan pengertian budaya, dapat dirumuskan kesimpulan bahwabudaya adalah segala sesuatu yang dipelajari, dialami, dan diwariskan bersama secara sosial yang melahirkan makna dan pandangan hidup yang mempengaruhi sikap dan tingkah laku para anggota suatu masyarakat.

Author: 2bfmp