Disdukcapil Cianjur uji coba tanda tangan elektronik

Disdukcapil Cianjur uji coba tanda tangan elektronik

Disdukcapil Cianjur uji coba tanda tangan elektronik

Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur, Jawa Barat, tengah melakukan uji coba Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk memudahkan pencetakan administrasi kependudukan sebagai program baru dari pemerintah pusat yang akan segera diterapkan.

Plt Kadis Disdukcapil Cianjur, Muchin Sidiq El-Fatah di Cianjur Rabu

, mengatakan TTE masih dalam rangka uji coba untuk memudahkan wilayah terjauh di seluruh Indonesia, sedangkan untuk Cianjur uji coba dilakukan di wilayah terujung di selatan​​​​​​ yakni di dua kecamatan, Cibinong dan Cikadu.

“Data dari setiap kecamatan yang sudah masuk ke pusat, kami akses melalui TTE, nantinya tanda tangan tersebut setelah dicetak akan berbentuk barcode,” katanya.

Ia menjelaskan, TTE yang merupakan program baru dari pemerintah pusat itu hingga saat ini uji coba tersebut sudah berjalan hampir dua bulan dan berjalan dengan lancar di seluruh wilayah termasuk di dua kecamatan uji coba.

“Saat ini uji coba tersebut tengah dilakukan di wilayah Cianjur selatan

yang sudah ada jaringannya Kecamatan Cibinong dan Cikadu, ini merupakan uji coba perdana dilakukan di wilayah tersebut,” katanya.

Pihaknya berharap memasuki tahun 2020 sistem TTE sudah dapat diterapkan untuk di seluruh kecamatan yang ada Cianjur, sehingga nantinya setiap kantor pelayanan tidak perlu lagi membawa dokumen adminduk ke kantor Disdukcapil, tapi cukup melalui TTE.

“Program TTE sebenarnya dikhususkan hanya untuk wilayah yang terjauh,

namun tidak menutup kemungkinan untuk wilayah lain di utara. Saat ini kami masih memberlakukan pelayanan One Day Service (ODS) jadi kedua pelayan tersebut tetap berjalan,” katanya.

 

Baca Juga :

Author: 2bfmp