Tips Jitu Melawan Microsleep Saat Berkendara

Bagi yang biasa berkendara motor atau mobil, tentu pernah merasakan microsleep atau tertidur sejenak. Hal tersebut, menjadi mimpi buruk yang menakutkan, karena dapat menyebabkan kemalangan yang menyebabkan luka-luka sampai kematian.

Namun, tidak sedikit pengendara yang tidak dapat menghindari microsleep, sebab tuntutan kegiatan atau tengah memburu waktu. Lalu, bagaimana teknik mengatasi urusan tersebut?

Melansir Wahana Honda, microsleep ialah kondisi di mana seseorang bakal tertidur singkat dari 1 detik hingga sejumlah detik, dan lantas kaget terbangun. Penyebabnya sebab orang tersebut terlampau lelah untuk dapat menahan kantuk yang datang.

Saat tertidur sejumlah detik inilah, tentu pengendara bakal kehilangan kendali sebab berada di alam bawah sadar. Kecelakaan pun bisa jadi besar terjadi.

Ada sejumlah cara guna melawan microsleep ketika dalam perjalanan. Bagi menghindari terpapar microsleep, pasti kita mesti paham dulu apa penyebabnya. Diketahui, microsleep menyerang saat kondisi tubuh sedang lelah.

Oleh sebab itu, saat sudah merasa mengalami fenomena microsleep laksana yang telah diuraikan di atas, ambillah tidur sejenak.

Manfaatkan SPBU atau rest lokasi yang terdapat yang dilewati. Cukup istirahat selama 15-30 menit, guna kembali mencairkan rasa kantuk yang ada.

Kebosanan
Selain hal kelelahan, microsleep bakal menyerang saat dilanda kebosanan. Untuk mengenyahkan kebosanan, Anda dapat memutar lagu melewati handphone atau pemutar musik lainnya.

Mendengarkan lagu, dapat mengalihkan perhatian sebab otak bakal memproses suara yang terdengar, sampai-sampai rasa bosan dapat dihilangkan.

Konsentrasi saat fenomena microsleep hadir akan terpecah, sehingga anda tidak begitu awas dengan situasi sekitar. Bagi menyiasatinya, andai Anda memakai helm full face, buka kaca helm anda.

Kemudian biarkan udara menerpa wajah anda. Angin yang menghantam wajah, akan membalikkan konsentrasi, dan pun mengusir kantuk yang ada.

Anda juga dapat memperbanyak minum air putih ketika dalam perjalanan. Konsentrasi dapat hilang dan rasa ngantuk datang, sebab tubuh merasakan dehidrasi.

Saat lama dalam mengemudi, menciptakan peredaran darah tidak lancar, urusan inilah pun menjadi penyebab rasa kantuk datang. Di samping minum air putih, Anda dapat berhenti sejenak untuk mengerjakan stretching atau senam kecil. Sumber : http://tr.im/sevamobilbekas

Author: 2bfmp