Cara Budidaya Pisang

Bagaimana Cara Budidaya Pisang?

Pisang bukanlah pohon sesungguhnya, meskipun mereka sering disebut pohon pisang. Pisang merupakan tanaman tahunan. Batang pisang terdiri dari tangkai daun yang melilit satu sama lain. Daun baru mulai tumbuh di bagian dalam, di bawah tanah dan akan terdorong melalui tengah dan akan muncul dari pusat mahkota. Begitu juga dengan bunga, yang akhirnya berubah menjadi sekelompok pisang.

Sebuah tanaman pisang membutuhkan waktu sekitar 9 bulan untuk tumbuh dan menghasilkan sekelompok pisang. Kemudian pohon induk akan mati. Tapi sekitar pangkal batang banyak tumbuh pengisap atau tunas. Di dasar tanaman pisang, di bawah tanah ada sebuah rimpang besar yang disebut umbi.
Umbi yang telah berkembang akan berubah menjadi pengisap baru atau tanaman baru. Pengisap atau tunas ini dapat diambil dan ditransplantasikan, tapi sisakan sekitar satu atau dua dalam posisinya untuk menggantikan pohon induk.
Untuk melakukan penanaman anda harus tahu dimana anda akan melakukan penanaman dan apa saja syarat tumbuh untuk melakukan budidaya pisang tersebut.
Anda membutuhkan tempat yang beriklim tropis dan subtropis hangat dengan kisaran suhu ideal sekitar 26°C-30°C (78-86F). Jika suhu lebih rendah maka akan menyebabkan kulit pisang berubah menjadi kuning keabu-abuan dan daun akan menguning dan bisa jadi tanaman akan berhenti tumbuh.
Anda membutuhkan tempat yang memiliki kandungan banyak air untuk tumbuh pisang, daun pisang akan banyak melakukan penguapan sehingga anda harus menjaga kelembaban tanah dengan lakukan penyiraman sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
Anda membutuhkan tanah yang kaya untuk nutrisi tanaman pisang, jika tanah pada lahan yang akan anda tanami pisang tidak mengandung nutrisi yang kaya anda bisa melakukan pemupukan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos atau juga berikan abu kayu untuk kalium tambahan pada tanah lahan kemudian lakukan pemulsaan.
Dan Anda perlu ruang atau lahan yang cukup untuk menanam pisang bersama-sama. Pisang juga perlu perlindungan dari angin. Anda harus melakukan penanaman pisang di blok atau rumpun dengan bagian luar lahan budidaya ditanami pohon pelindung.

Untuk penanaman Anda tidak bisa melakukan penanaman dengan menggunakan biji tapi anda hanya dapat melakukan penanaman dengan menggunakan pengisap atau tunas. Tunas atau pengisap yang akan ditanam haruslah berasal dari tanaman pisang yang baik, tunas yang akan ditanam sebaiknya memiliki tinggi sekitar 4 kaki atau setara 120 cm serta telah memiliki daun kecil berbentuk tombak, tunas tersebut diambil dari tanaman pisang induk dengan menggunakan sekop atau yang lainnya hingga bagian umbi beserta akarnya, kemudian potong bagian atas tunas untuk mengurangi penguapan. Tanamlah pisang dengan jarak yang disesuaikan dengan luas lahan yang anda miliki, tapi sebaiknya buatlah penanaman dengan di blok dalam beberapa baris ganda dengan jarak antar baris adalah sekitar 2 hingga 3 meter atau lebih. Setelah penanaman jaga kelembaban lahan jangan terlalu basah karena akan membuat tanaman busuk.

Baca Juga :

Author: 2bfmp