Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak

Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak

Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak

Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak
Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak

Autisme merupakan gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita

dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Autisme sekarang disebut sebagai gangguan spektrum autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD). Hal ini karena gejala dan tingkat keparahannya bervariasi pada tiap penderita.

Anak penderita autisme setiap tahunnya mengalami peningkatkan yang cukup signifikan. Sehingga hal ini cukup mengkhawatirkan bagi orang tua yang mempunyai anak. Apalagi diketahui dengan kondisi autisme yang biasanya memiliki dunianya sendiri dan tampak tidak peduli dengan orang-orang atau hal-hal di sekitarnya.

Gejala autisme bisa dilihat sejak anak berusia 1 tahun bahkan kurang

. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari lamanĀ  yang mengutip dari Liputan6.com, autisme terbagi pada empat jenis. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:
Autistic Disorder

Ini merupakan autisme yang disebabkan oleh ketidakmampuan anak

dalam menafsirkan emosi. Anak dengan kondisi ini umumnya sangat asik dengan dunia sendiri dan tidak bisa memahami permasalahan dari sudut pandang orang lain. Biasanya, anak dengan autisme ini justru cerdas atau ahli dalam bidang tertentu semisal musik, seni, sains atau berhitung.
Asperger Syndrome

Anak dengan autisme ini tidak akan merespon atau menanggapi orang lain yang coba mendekatinya. Anak ini hanya akan tertarik pada orang lain atau sesuatu ketika ia benar-benar tertarik dengannya. Anak dengan kondisi ini masih bisa berkomunikasi dengan orang lain. Hanya saja, mereka cenderung tidak mau memberi respon jika memang mereka sedang tidak ingin berkomunikasi atau merespon.

 

Baca Juga :

 

 

Author: 2bfmp