JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN

JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN

Table of Contents

JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN

JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN
JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN

Kegiatan utama bank adalah mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito serta menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit. Sebenarnya masih banyak kegiatan lain yang dilakukan oleh bank dalam menghasilkan produk bank, antara lain layanan pembuatan rekening giro (demand deposit), giro valuta asing, kliring, letter of credit (L/C), valuta asing, cek, kartu kredit, bank garansi, bilyet giro, inkaso, bank note, safe deposit box (SDB), call center, electronic banking, kartu debit dan kartu ATM, serta kartu kredit.

Rekening Giro

Rekening giro adalah simpanan dari pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Cek adalah surat berharga atau alat transaksi pembayaran yang diterbitkan oleh bank sebagai pengganti uang tunai.

Berikut jenis cek :

  • Cek atas nama (Order Cheque)
  • Cek atas unjuk (Bearer Cheque)
  • Cek silang (Cross Cheque)

Sementara bilyet giro (BG) merupakan alat pembayaran yang berbeda dengan cek. Penerimaan dana tidak dapat melakukan pencarian secara tunai, tetapi harus melalui pemindahanbukuan ke rekening yang bersangkutan. Bilyet Giro berfungsi sama dengan cek silang.

Giro Valuta Asing

Pada dasarnya giro valuta asing sama dengan giro rupiah. Perbedaannya terletak pada hal-hal berikut :

  • GVA tidak diberi buku atau bilyet giro
  • Penarikan yang dilakukan dengan menyerahkan amanat tertulis ditandatangani oleh pemegang giro
  • Dapat diperjual belikan pada bursa valuta asing
  • Hanya disediakan oleh bank devisa
  • Jasa giro valuta asing dapat berupa uang tunai asing

Kliring

Kliring merupakan sarana penghitungan warkat antar bank guna memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral. Kegiatan lalu lintas pembayaran jenis ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Peserta kliring merupakan bank-bank dalam wilayah tertentu. Secara umum manfaat yang diperoleh berbagai pihak terkait dengan penyelenggaraan kliring untuk transaksi antar bank sebagai berikut :

  • Bagi masyarakat, kliring dapat memberikan alternatif dalam melakukan suatu pembayaran efektif, efisien, dan aman
  • Bagi bank, kliring merupakan salah satu advantage service kepada nasabah, fee based incone, dan upaya menggalang dana pihak ketiga untuk kepentingan portofolio fund
  • Bagi bank sentral, kliring dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu bank maupun transaksi-transaksi yang terjadi di masyarakat, baik antar nasabah bank maupun antar bank

Author: 2bfmp