Tips & Trik Photographer Pemula

Tips & Trik Photographer Pemula

Tips & Trik Photographer Pemula

Tips & Trik Photographer Pemula
Tips & Trik Photographer Pemula

Tips & Trik Photographer Pemula

Sejujurnya saya juga photographer pemula yang sama-sama belajar. tekhnik photographer dasar hingga kelas menengah telah saya kuasai. namun tidak punya modal lebih untuk melanjutkan ke kelas profesional : D

kali ini saya bagi-bagi ilmu tentang cara membuat gambar bagus dengan lensa seadanya.
memang setiap lensa memuliki spesifikasi berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan photographer. untuk saya sendiri, saya menggunakan kamera DSLR Canon EOS 600D yang spesifikasinya bisa anda lihat disini, dengan perlengkapan lensa standar 18-55 mm, lensa fix canon 40mm, dan lensa tele canon 55-250 mm.

walaupun perlengkapan saya sangat minim, namun itu cukup untuk membahas materi kita sekarang. sebenarnya jarang ada gambar bagus seperti yang banyak kita lihat merupakan gambar asli (original). tanpa editan, gambar yang dihasilkan tidak sebagus gambar diedit (tentunya editan yang bagus). saat ini kita bahas gambar original saja ya.

gambar diatas saya ambil dengan lensa canon 55-250 mm, focal length 55 mm, apertur 4,0, ISO 400, speed 1/80 s, tanpa flash. amatilah gambar diatas. cantik kan? : D

mari kita bahas gambar diatas, dan kita kaitkan dengan tekhnik dalam photographer.

shouter speed
pembahasan pertama kita awali dengan shouter speed (kecepatan tangkapan)
speed pada umumnya berkisaran dari 30 detik per satu gambar hingga 1/4000 detik (4000 gambar dalam 1 detik) dan juga dapat menggunakan speed “BULD” yang speed nya ditentukan oleh lamanya kita menekan tombol shouter. 1/4000′ adalah kecepatan tertinggi yang umum tanpa flash. jika mengaktifkan flash, speed hanya sampai limit 1/200 detik. semakin lama speed (long exposure) yang digunakan, maka semakin cerah gambar yang dihasilkan, walaupun di tempat yang redup-gelap. speed tinggi biasanya digunakan untuk menangkap gambar yang bergerak cepat. contohnya : tetesan/percikan air, orang yang berlari, dll.

Sumber : https://earlraytomblin.com/

Author: 2bfmp