Tips Mencegah Stres pada Anak

Tips Mencegah Stres pada Anak

Stres pada anak bisa memberikan akibat yang buruk untuk perkembangannya. Anak menjadi malas pergi ke sekolah, tidak nafsu makan, dan malas beraktivitas. Jika tidak menemukan penanganan yang tepat bisa berlanjut pada situasi depresi dan gangguan mental. Lalu, bagaimanakah upaya orang tua guna menghindarkan anak dari situasi stres?

Bangun Komunikasi yang Efektif

Komunikasi dapat menjadi salah satu teknik paling efektif guna menghindarkan anak dari situasi stres. Sering kali, situasi stres pada anak dirangsang karena ketidakmampuan mereka mengucapkan perasaan mereka untuk orang tua.

Orang tua mesti menjadi pihak yang proaktif menanyakan bagaimana informasinya hari ini, apakah aktivitasnya di sekolah mengasyikkan atau sebaliknya. Dari sinilah, anak bakal belajar untuk mengucapkan perasaan dan masalahnya, sampai-sampai tidak tertekan dan stres.

Berikan Waktu yang Cukup guna Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah dengan terburu-buru juga dapat menjadi pemicu stres pada anak. Jadi usahakan berikan masa-masa yang lumayan pada anak guna sarapan dan persiapan berangkat sekolah supaya tidak merasa diburu waktu dan terburu-buru. Biasakan pun menyiapkan tas dan kebutuhan sekolah anak pada malam hari, sampai-sampai keesokan paginya kita memiliki tidak sedikit waktu luang guna persiapan si kecil berangkat sekolah.

Pastikan Anak Tidur dengan Cukup

Kurang istirahat pada anak pun dapat merangsang terjadinya stres. Usahakan anak istirahat dengan durasi jam yang lumayan dan tidak boleh biarkan mereka tidur terlampau malam. Jika anak merasakan sulit mengawali tidur, Anda dapat membantunya dengan menyerahkan makanan atau minuman yang dapat mempermudah tidur laksana susu hangat atau keju.

Ajarkan Relaksasi Sederhana

Anda pun perlu mengajarkan si kecil bagaimana mengerjakan relaksasi simpel saat merasakan masalah. Ajarkan relaksasi napas dalam yang simpel dan gampang diterapkan di mana saja.

Sumber : http://onlinemanuals.txdot.gov/help/urlstatusgo.html?url=www.pelajaran.co.id

Author: 2bfmp