Tips Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anak

Tips Memilih Olahraga yang Tepat guna Anak

Sebelum menyimpulkan olahraga yang tepat guna anak, ada sejumlah hal yang usahakan menjadi pertimbangan kita sebagai orangtua.

Bagaimana Level Keaktifan Anak kita Sehari-hari?

Anak mempunyai tingkat keaktifan yang beragam. Ada yang lebih suka bermain di dalam lokasi tinggal dalam suasana bersih, ada pun yang tidak masalah walau harus bergumul dengan lumpur atau udara panas.

Apakah anak kita suka berlari dan tidak jarang mengeluh bosan? Atau malah lebih suka melakukan pekerjaan yang tidak menghabiskan tenaga laksana bermain puzzle atau membaca? Kalau anak Anda tergolong yang mempunyai energi tinggi, berarti olahraga yang tepat guna anak Anda ialah sepak bola, basket dan olahraga high impact yang lain.

Pertimbangkan Postur Tubuh Anak

Meskipun kesebelasan sepak bola memerlukan sekian banyak macam pemain, namun pertimbangkan pun postur tubuh si kecil sebelum memilihkan olahraga yang tepat guna anak. Anak yang bertubuh bongsor barangkali akan lebih sesuai dengan sepak bola atau basket. Sementara yang bertubuh kecil dan ramping seringkali akan lebih handal ketika berlari.

Namun bukan berarti kita jadi memberi batas anak memilih apa yang dia sukai melulu karena kita merasa posturnya tidak cocok. Biarlah ia memperlihatkan sendiri kemampuannya dengan mengerjakan apa yang ia inginkan.

Pilihkan Pelatih yang Cocok

Memilih pelatih yang salah dapat membuat passion si kecil pada olahraga hilang begitu saja. Di samping kemampuannya melatih, perhatikan pun bagaimana cara pendekatannya pada si kecil. Pelatih yang berdedikasi dan menyenangi anak-anak akan menolong si kecil mengerjakan yang terbaik.

Saat ia sedang berlatih, coba simaklah apakah si kecil tersenyum? Apakah ia tampak merasakan apa yang ia lakukan. Jangan ragu bertanya pada pelatih seputar pertumbuhan si kecil untuk memahami apakah olahraga tersebut ialah olahraga yang tepat guna anak.

Lihat Kepribadian Anak, Ia Suka Olahraga Individu atau Berkelompok

Di umur kanak-kanak, melibatkan anak dalam sosialisasi ialah hal yang baik. Namun dalam olahraga, terdapat anak yang malah akan mempunyai performa lebih baik andai melakukan olahraga individual.

Jika anak Anda ialah tipikal yang independent, tidak terdapat salahnya mempertimbangkan olahraga tunggal laksana tenis, badminton atau karate. Olahraga itu akan memberikannya peluang bertanding satu lawan satu.

Perkenalkan Beragam Olahraga pada Anak, Sebanyak Mungkin

Cobalah kenalkan si kecil pada sebanyak barangkali jenis olahraga. Ini dapat menolong Anda menyaksikan apa yang sebetulnya ia minati. Mempraktekkan olahraga yang bertolak belakang akan membantunya membuka bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Perhatikan bagaimana sikap si kecil sekitar bermain dan bagaimana pendapat mereka mengenai olahraga tersebut.

Perhatikan Acara Olahraga Apa yang Suka Ia Tonton

Anak-anak seringkali menumbuhkan rasa penasaran dan ketertarikan dari apa yang ia tonton. Jika si kecil inginkan duduk tenang di depan televisi sambil menyaksikan pertandingan sepak bola, ada bisa jadi ia tertarik memainkannya juga.

Kalau ada masa-masa luang sempatkanlah menyaksikan dengannya. Sesekali ceritakan tidak banyak tentang olahraga tersebut untuk memancing rasa tertariknya.

Sumber : http://mnews.atode.cc/mcache.php?u=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id

Author: 2bfmp