7 Sekolah Dapat Bantuan Buku dari USAID

7 Sekolah Dapat Bantuan Buku dari USAID

7 Sekolah Dapat Bantuan Buku dari USAID

7 Sekolah Dapat Bantuan Buku dari USAID
7 Sekolah Dapat Bantuan Buku dari USAID

LEMBANG – Tujuh Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lembang mendapatkan 600 eks bantuan buku

dari United States Agency for International Development (USAID) Prioritas Jawa Barat. Di antaranya, SD Kayu Ambon I dan II, SD Pagerwangi II, SD Istiqomah, SD Bukanagara, SD Citrasari dan SD Pancasila.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan SD dan PAUD Kecamatan Lembang Budiyanto, ketujuh sekolah tersebut memiliki program budaya baca. Di mana sekolah memiliki program membaca 15 sampai 30 menit setiap akan belajar.

Selain itu, sarana prasarana tempat bacaan yang dimiliki sekolah terbilang lengkap

. ”Seperti ada sudut baca di area taman dan beberapa ruang lainnya. Sehingga atas program ini USAID memberikan bantuan buku,” katanya kepada wartawan di Lembang, kemarin (4/10).

Pemberian buku, lanjut dia, dilakukan dalam rangka literasi budaya baca. Program tersebut, sebut dia, sudah berjalan sejak 6 bulan yang lalu di tujuh sekolah tersebut. Tidak menutup program tersebut bisa diterapkan di sekolah lainnya.

Dengan membaca, diakui olehnya, siswa bisa semakin pintar dan menambah wawasan

. Terkait buku yang diberikan, kata dia, USAID hanya memberikan buku untuk siswa kelas 1 hingga 3 SD. Sebab, pada masa tersebut para siswa sangat rawan untuk tidak bisa membaca.

”Kita harapkan minat baca siswa bisa jauh lebih meningkat. Bahkan, siswa juga seluruhya bisa membaca,” ungkapnya.

Terkait dengan kesiapan guru, pihaknya akan bekerjasama dengan USAID untuk memberikan pelatihan kepada guru. Sehingga antara guru dengan murid bisa sejalan dengan baik.

”Jangan sampai siswa sudah lancar membaca, tapi gurunya justru tidak lancar. Makanya harus juga diberikan pelatihan khusus,” tandasnya

 

Baca Juga :

 

 

Author: 2bfmp