Biografi Band U2

Table of Contents

Biografi Band U2

U2 tidak benar satu dari beberapa band yang sangat konsisten dan senantiasa eksis didalam di tiga dekade, U2 telah memperlihatkan karir mereka yang berhasil terhadap dua segi yakni pada artistik dan bisnis dari industri musik. U2 yang dipelopori oleh Bono sang vocalis punya ciri khas musik yang sangat digemari masyarakat dunia.

U2 dibentuk di Dublin terhadap musim gugur tahun 1976, terhadap waktu itu Larry Mullen menulis di papan pengumuman di SMA-nya untuk melacak musisi yang dapat sebabkan sebuah band baru. Dari pengumuman itu ahirnya dibentuk lah band berikut yang beranggotakan, lima orang yakni Mullen (lahir 31 Oktober 1961) terhadap drum, Adam Clayton (lahir 13 Maret 1960) terhadap bass, Paul Hewson (kemudian dijuluki “Bono Vox” dan kelanjutannya cuma “Bono”, lahir 10 Mei 1960) terhadap vokal, dan Dave Evans (kemudian dijuluki “The Edge”, lahir terhadap 8 Agustus 1961) terhadap gitar dan Dave saudaranya Dick, termasuk bermain gitar, tapi Dave cuma sebentar berada didalam group dan berhimpun dengan band asal Dublin yang lain yakni Virgin Prunes.

Saat itu nama band meraka adalah “The Hype,” dan merasa berlatih di akhir pekan dan sepulang sekolah, pembawaan persahabatan sejati terbentuk dengan sendirinya kala meraka berlatih bersama. Setelah nyaris 18 bulan latihan, band datang terhadap pertunjukan pencarian bakat di Limerick, Irlandia, terhadap bulan Maret, 1978 yang dipromotori oleh CBS Records. Jackie Hayden menilai, U2 (mereka baru saja mengubah nama mereka lagi) memenangkan kontes, meraih hadiah £ 500 dan studio merekam demo pertama mereka.

Tak lama sesudah acara kontes bakat, band menegaskan entrepreneur asal Dublin yang bernama Paul McGuiness untuk mempromosikannya. band banyak melaksanakan pertunjukan di didalam dan sekitar Dublin, mengupayakan untuk membangun basis pecinta lokal. Pada bulan September, 1979, U2 merilis single pertama, yang mendiami puncak tangga lagu nasional terhadap waktu itu. Pada bulan Desember tahun itu, U2 pergi ke London untuk pertunjukan pertama di luar Irlandia, dan berjuang untuk meraih perhatian dari pecinta musik dan kritikus di London.

Band ini merasa populer terhadap tahun 1983 dengan Singlenya “Sunday Bloody Sunday” yang ditujukan terhadap peristiwa pembantaian warga sipil tak berdosa selama persoalan Irlandia. Single itu menyerukan penolakan terhadap kekerasan. Sepanjang tahun 1980-an band ini sebabkan lagu yang menyerukan kampanye melawan Angkatan Darat
Republik Irlandia (IRA). IRA mengirim ancaman bagi U2 bahwa kecuali mereka melanjutkan kampanye, mereka dapat diculik. Akan tetepi Band ini senantiasa melanjutkan kampanye mereka.

U2 terhadap tahun 1984 sebabkan album “Unforgettable Fire” yang terinpirasi oleh para korban yang selamat dari bom atom Hiroshima dan Nagasaki. lagu didalam album ini yakni “Pride” dan “MLK” dipersembahkan dan terinpirasii kepada pemimpin zaman modern yang paling mereka kagumi, Martin Luther King. Lagu lain, “Bad”, adalah mengenai ancaman heroin, yang merupakan persoalan nyata-nyata di kota asal mereka Dublin terhadap waktu itu.

U2 adalah band utama didalam konser “Live Aid” tahun 1985, yang mempunyai tujuan mengumpulkan dana untuk perlindungan terhadap kekeringan yang kronis di Ethiopia. Band ini diamati oleh 1,5 milyar orang yang melihat konser di televisi, dan Bono unscripted melompat ke kerumunan imajinasi semua. Lebih dari 75 group melaksanakan mengangkat sekitar $ 250 juta untuk badan amal. Dalam bulan-bulan sesudah konser, U2 rekor penjualan meroket dan tidak pernah datang kembali. Pada tahun 1986 band judul tur promosi untuk menunjang Amnesty International, dan upaya tiga kali lipat dilaporkan keanggotaan organisasi.

U2 melanjutkan pekerjaan mereka untuk amal dan aksi sosial. Mereka mempromosikan Persetujuan Damai Irlandia Utara, mengumpulkan duwit untuk korban yang selamat dari pemboman Omagh, bermain di Sarajevo yang hancur sesudah perang di sana, menunjang menyokong perekonomian yang goyah di New York City dengan bermain di sana menyusul serangan teroris terhadap 11 September, berpartisipasi didalam Live 8 serangkaian konser untuk meringankan pinjaman Negara yang kekurangan, dan tetap mempromosikan kampanye unutk membatu Negara-negara miskin. Bono telah jadi lambang didalam upaya untuk mengakhiri kemiskinan dan melacak perlindungan untuk penderita AIDS dan meningkatkan perdagangan untuk Afrika. Dia telah jadi sangat populer dikarenakan upaya ini.

U2 telah meraih penghargaan Rock plus Roll Hall of Fame terhadap tahun 2005. Pada tahun itu mereka telah memenangkan 22 Grammy Awards, sebuah catatan peristiwa yang cuma dilampaui oleh Stevie Wonder dan U2 bisa mendapatkanya.

Album yang telah dirilis band ini meliputi: “Boy” (1980) / “October” (1981) / “War” (1983) / “The Unforgettable Fire” (1984) / “The Joshua Tree” (1987) / “Rattle plus Hum” (1988) / “Achtung Baby” (1991) / “Zooropa” (1993) / “Pop” (1997) / “All That You Can’t Leave Behind” (2000) / “How to Dismantle an Atomic Bomb” (2004) / “No Line On the Horizon” (2009).

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

baca juga :

Author: 2bfmp