5 KESALAHAN ORANGTUA DAPAT MEMBUAT ANAK MALAS BELAJAR DI SEKOLAH

5 KESALAHAN ORANGTUA DAPAT MEMBUAT ANAK MALAS BELAJAR DI SEKOLAH

Anak kita malas belajar? Anak yang malas belajar memang biasanya menyebalkan. Sebagai orangtua, kita pun barangkali akan merasa gagal. Banyak orangtua dengan anak yang malas belajar menyalahkan anak dan memandang bahwa situasi tersebut terjadi lantaran kelaziman buruk anak atau pengaruh yang tidak baik dari teman-temannya. Padahal dapat saja lho, perilaku anak yang malas belajar ini diprovokasi oleh orangtua.

Lalu apa saja sih perilaku orang tua yang tanpa disadari menciptakan anak malas belajar? Coba renungkan apakah hal-hal ini terdapat pada diri kita atau tidak:

Terlalu mengurangi anak
Ada perbedaan besar antara menyokong anak dengan memaksa anak guna belajar. Orangtua yang selalu menyokong anak tahu bahwa anak, layaknya insan pada umumnya, mempunyai rasa lelah. Mereka perlu bermain, mereka perlu beristirahat, bahkan mereka pun tak dapat selalu menemukan nilai yang bagus.

Sementara itu, orang tua yang kegemaran memaksa anak memandang bahwa melulu dengan belajar keras tanpa kenal lelah lah maka anak dapat mendapatkan nilai yang bagus.

Tegaskan pada anak guna belajar cocok waktunya, namun izinkan pun anak guna bermain. Tidak selamanya bermain tersebut mempunyai konotasi negatif kok. Kadang, ketika bermain, anak-anak juga dapat mendapatkan ilmu-ilmu baru yang amat bermanfaat untuk menunjang kehidupannya di masa mendatang.

Hanya menyuruh, tanpa mengajari
Ada tidak sedikit orang tua yang melulu menyuruh anak guna belajar, memarahinya ketika mendapat nilai jelek, namun sama sekali tidak pernah menolong anak guna belajar. Orang tua tipe ini pada ketika ditanya oleh anak tentang materi latihan mereka selalu membalas tidak tahu dan justeru menyalahkan anak.

Bila anak malas belajar sebab kondisi ini, jelas orang tua memiliki kekeliruan yang besar. Anak-anak memang mesti belajar, tetapi demikian pula orangtua. Ketika Anda menyimpulkan untuk menjadi orang tua berarti kita telah menyimpulkan untuk menjadi siswa baru kehidupan ini.

Pelajarilah apa yang anak-anak kita pelajari di sekolah. Bantu mereka semampu kita dan selalu mengupayakan untuk menggali tahu apa yang mereka tanyakan. Jangan cuek dan tidak boleh juga rasa malas untuk menggali informasi. Lagipula, seiring dengan pertumbuhan zaman, menggali informasi juga semakin gampang kok, tergolong informasi berhubungan mata latihan yang mesti dipelajari anak.

Terlalu sibuk
Ada tidak sedikit orang tua yang tidak punya waktu guna anak-anaknya sebab sibuk untuk menggali uang. Memang untuk memperbanyak anak anda membutuhkan duit yang cukup. Namun Anda mesti dapat menyeimbangkan antara karier dan pun kebutuhan ana

Bila kamu memiliki kegiatan di hari Senin dan Jumat, usahakanlah untuk berfokus pada anak kamu di hari Sabtu dan Minggu, atau sepulang kita bekerja. Orangtua yang terlampau sibuk kadang menciptakan anak menjadi kehilangan semangat untuk belajar. Mereka beranggapan bahwa orangtua tidak perhatian dengan mereka. Jadi, guna apa mereka mesti berprestasi bila orang tuanya sendiri tidak terlampau perhatian?

Hobi bertengkar
Orang tua yang tidak harmonis akan menciptakan anak merasa malas guna menjalani seluruh hal terlebih belajar. Perasaan tertekan, stres, dan tidak dapat fokus bakal timbul pada diri anak. Bila kita mempunyai masalah dengan pasangan jajaki selesaikan di belakang.

Misalnya, ketika anak-anak sekolah, ketika anak-anak tidur, atau ketika dia sedang bermain. Jangan membudayakan diri cekcok di depan anak bila tak hendak anak malas belajar.

Hobi mengeluh
Anda memiliki tidak sedikit masalah? Sebaiknya tidak boleh semuanya diutarakan untuk anak. Mengatakan seluruh masalah Anda masing-masing hari untuk anak malah akan menurunkan motivasi anak guna belajar. Anak merasa bahwa orangtuanya tidak dapat untuk menunjang kehidupannya dan kehadirannya melulu menyusahkan saja. Wajar bila situasi ini menciptakan anak malas belajar. Sumber: https://www.pelajaran.co.id

Itulah sejumlah perilaku orang tua yang bikin anak malas belajar.

Author: 2bfmp