SMAN 1 Wonosobo Juarai Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia

SMAN 1 Wonosobo Juarai Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia

SMAN 1 Wonosobo Juarai Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia

SMAN 1 Wonosobo Juarai Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia
SMAN 1 Wonosobo Juarai Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia

Pelajar dari SMAN 1 Wonosobo menyabet juara pertama lomba cerdas cermat yang digelar Direktorat

Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen HAM Kemkumham) dalam rangka memperingati Hari HAM se-dunia ke-70. Lomba Cerdas Cermat HAM ini diikuti oleh sekitar pada pelajar dari 52 sekolah di Jabodetabek dan Jawa.

Pada babak final yang digelar Minggu (9/12), tim SMAN 1 Wonosobo yang beranggotakan Dinda Shahita, Farah Anggita dan Chesya Paulina mengalahkan tim dari lima sekolah lainnya dengan raihan skor 1.900. Atas kemenangan ini, tim SMA 1 Wonosobo berhak atas piala dan hadiah tabungan pendidikan senilai Rp 9 juta.

Sementara posisi kedua ditempati SMA 5 Madiun dengan skor 1.260 dan berhak atas piala

dan tabungan pendidikan senilai Rp 7,5 juta. SMA 4 Bekasi yang menempati juara tiga skor akhir 1.090 mendapat hadiah tabungan pendidikan senilai Rp 6 juta. Tiga tim lainnya, yakni SMA 1 Kota Sukabumi dan SMA 1 Surakarta serta SMA 78 Jakarta yang harus puas dengan Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3 masing-masing mendapat hadiah Rp 4,5 juta, Rp 3.750.000 dan Rp 3 juta.

Dinda, Farah dan Chesya mengaku tidak menyangka dapat meraih gelar juara. Hal ini lantaran hanya

diberi waktu dua minggu untuk mempersiapkan diri. Apalagi, setiap tim mendapat materi dan soal yang sama sebagai latihan sebelum mengikuti perlombaan ini.

“Yang jelas tantangan itu materi. Kita sudah dikasih soal, tapi karena semuanya pasti sudah pada menghapal kita tentunya berat juga. Tapi Bismillah dengan kekuatan doa bisa lewati itu,” kata Dinda.

Dinda berharap perlombaan ini digelar setiap tahunnya dengan melibatkan lebih banyak sekolah. Dengan demikian bakal lebih banyak lagi pelajar yang mengetahui dan menghormati hak asasi manusia.

“Kita harus menghargai hak asasi manusia. Kita belajar bukan cuma untuk pelajaran tapi untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dirjen HAM, Mualimin Abdi mengatakan, perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari HAM se-dunia ke-70. Mualimin memastikan, perlombaan ini dilakukan secara fair dan terbuka.

“Perlombaan ini kita lakukan dengan fair dan terbuka. Kita doakan ke depan lebih baik,” katanya.

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/

Author: 2bfmp