Pembebasan Lahan Untuk Tol Cisumdawu Ditarget Selesai 2015

Pembebasan Lahan Untuk Tol Cisumdawu Ditarget Selesai 2015

Pembebasan Lahan Untuk Tol Cisumdawu Ditarget Selesai 2015

Pembebasan Lahan Untuk Tol Cisumdawu Ditarget Selesai 2015
Pembebasan Lahan Untuk Tol Cisumdawu Ditarget Selesai 2015

BANDUNG- Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, H. Iwa Karniwa

mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan percepatan pembangunan jalan Tol Cisumdawu, terutama dalam proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol sepanjang 60,1 kilometer tersebut.

“Pembebasan lahan untuk pembangunan tol Cisumdawu diharapkan bisa selesai Desember 2015. Selanjutnya, bisa masuk ketahap lelang. Mudah-mudahan tahun 2016 bisa pada tahap pembangunan kontrsuksi,” kata H. Iwa, usai Rapat Bersama Pembangunan Tol Cisumdawu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung kepada wartawan, Senin (27/7).

Dalam hal pembebasan lahan, jelas H. Iwa, masih terdapat sejumlah masalah

yang menghambat proses pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. Diantaranya, soal tanah wakaf dan tanah kas desa. Terkait tanah wakaf, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementrian Agama. Demikian juga permasalahan dengan kas desa, sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dan dalam proses penyelesaian.

“Kita optimis hambatan tersebut akan segera terselesaikan,” katanya.

H. Iwa menjelaskan, Jalan Tol Cisumdawu dibangun sepanjang 60,1 kilometer,

lahan yang dibutuhkan mencapai 1.062.163 hektar, dengan perkiraan biaya mencapai Rp 1,506 Triliyun. Jalan Tol Cisumdawu akan melewati wilayah administrasi Kabupaten Bandung 1 desa, Kabupaten Sumedang sebanyak 46 desa dan Kabupaten Majalengka sebanyak 2 desa.

Ruas Tol Cisumdawu akan terbagi dalam 6 seksi, yaitu seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer, yaitui Cileunyi-Rancakalong, seksi 2 dengan panjang jalan 19,52 kilometer, yaitu Rancakalong- Sumedang, seksi 3 sepanjang 3,14 kilometer, yaitu Sumedang-Cimalaka, seksi 4 sepanjang 7,55 kilometer, yaitu Cimalaka-Legok, seksi 5 ruas jalan tol sepanjang 11,5 kilometer, yaitu Legok-Ujungjaya dan seksi 6 sepanjang 3,35 kilometer, yaitu Ujungjaya-Kertajati.

“Mudah-mudahan seluruh pembangunan Tol Cisumdawu bisa selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan Bandara Kertajati,” katanya

 

Sumber :

https://susansblog.kinja.com/how-to-become-expert-via-online-learning-platform-and-e-1835176218

Author: 2bfmp