Mengenal Ciri-Ciri Homo Soloensis Dan Homo Sapiens

Mengenal Ciri-Ciri Homo Soloensis Dan Homo Sapiens

Mengenal Ciri-Ciri Homo Soloensis Dan Homo Sapiens

Mengenal Ciri-Ciri Homo Soloensis Dan Homo Sapiens
Mengenal Ciri-Ciri Homo Soloensis Dan Homo Sapiens

Fosil maupun alat serta hasil kebudayaan manusia purba banyak ditemukan di Indonesia, dan menjadi bagian penting dari penelitian para ahli untuk mendapatkan informasi lebih tentang manusia purba. Fosil yang ditemukan di Indonesia berasal dari masa Pleistosen, sehingga perkembangan fisiknya telah mirip dengan manusia. Dibawah ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri Homo Soloensis dan Homo Sapiens.

Homo adalah manusia purba yang mendekati ciri manusia sempurna atau lebih sempurna jika dibandingkan dengan jenis manusia purba Meganthropus maupun Pithecantropus.

Manusia purba jenis Homo mencari makanan dengan berburu menggunakan alat-alat dari batu berupa berbagai jenis kapak, alat-alat serpih, dan alat-alat yang terbuat dari tulang seperti alat penusuk, ujung tombak, dan alat pengorek ubi serta keladi dimana peninggalan alat-alat tersebut ditemukan di sekitar daerah Ngandong dan Sidorejo.

Ciri-ciri umum manusia purba homo :

   -Bentuk fisiknya sudah seperti manusia sekarang
-Tingginya 130–210 cm
-Berat badan 30–150 kg
-Hidupnya sekitar 40.000–25.000 tahun yang lalu.
-Tonjolan kening sudah berkurang dan sudah berdagu
-Sudah berdiri tegak dan cara berjalan yang sempurna

Homo Soloensis

Fosil manusia purba jenis Homo telah ditemukan pada tahun1931-1934 di Desa Ngandong,Lembah Sungai Bengawan Solo oleh Ter Haar dan Ir.Oppenorth. Berdasarkan penemuan tulang Homo Soloensis, para ahli menduga mereka hidup berkumpul di tepi sungai.

Fosil Homo Soloensis kemudian diteliti oleh Von Koenigswald hingga dapat menunjukkan bahwa jenis fosil ini memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut :

   -Berbadan tegap dan tingginya sekitar 180 cm
-Memiliki volume otak kecil yaitu sekitar 1.000-1.300 cc
-Tengkorak Homo Soloensis lebih besar dari pada tengkorak Pithecanthropus erectus

Homo Sapiens

Homo Sapiens adalah jenis manusia purba yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Mereka telah memiliki sifat seperti manusia sekarang. Kehidupan mereka sangat sederhana, dan hidupnya mengembara.
Homo sapiens artinya ‘manusia sempurna’ baik dari segi fisik, volume otak maupun postur badannya yang secara umum tidak jauh berbeda dengan manusia modern. Kadang-kadang Homo sapiens juga diartikan dengan ‘manusia bijak’ karena telah lebih maju dalam berfikir dan menyiasati tantangan alam.

ciri-ciri Homo Sapiens :

   -Berbadan tegap dan berjalan lebih tegak dengan tinggi sekitar 130-210 cm.
-Memiliki volume otak sekitar 1.350-1.450 cc
-Memiliki bentuk tulang tengkorak lebih bulat dan bentuk muka yang tidak terlalu menonjol ke depan
-Memiliki kemampuan untuk membuat peralatan secara sederhana seperti kapak dan alat untuk berburu yang terbuat dari tulang dan kayu

Baca Artikel Lainnya:

Author: 2bfmp