Tips Membuat Surat Kuasa Khusus

Tips Membuat Surat Kuasa Khusus

Tips Membuat Surat Kuasa Khusus – Sebelum membuatnya, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu Surat Kuasa. Surat kuasa adalah sebuah surat yang isinya seseorang menunjuk atau memberi tambahan wewenang kepada orang lain untuk jalankan suatu kelakuan hukum atas dan untuk namanya. Surat kuasa ini bukan semata-mata surat biasa, hal ini sebab pertolongan kuasan ini dilindungi oleh hukum. Oleh sebab itu, surat ini harus dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Pasal yang menyesuaikan hal ini adalah Pasal 1792 KUHPerdata yang berbunyi “Pemberian kuasa adalah suatu persetujuan dengan mana seorang memberi tambahan kekuasaan kepada seorang lain, yang menerimanya untuk dan atas namanya menyelenggarakan suatu urusan “.

Surat kuasa sendiri terdiri berasal dari 2 macam. Berikut ini adalah macam-macam surat kuasa :

Surat Kuasa Umum

Surat kuasa lazim ini adalah surat yang digunakan untuk menerangkan bahwa pemberikan kuasa berikut cuma berlaku untuk hal-hal yang berupa lazim saja. Ini berarti surat kuasa lazim cuma berlaku untuk kelakuan pengurusan saja. Sedangkan untuk memindahtangankan suatu kelakuan lain atau benda-benda, cuma boleh dijalankan oleh pemilik. Tidak diperkenankan permberian kuasa dengan surat kuasa umum, melainkan dengan surat kuasa khusus.

Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus merupakan surat pertolongan kuasa yang dijalankan cuma untuk satu kepentingan khusus saja atau lebih. Di di dalam surat kuasa khusus, dapat dijelaskan kelakuan apa saja yang boleh dijalankan oleh sang penerima kuasa. Oleh sebab ada rincian pada perbuatan-perbuatan yang boleh dijalankan tersebutlah sehingga surat ini menjadi surat kuasa khusus.

Nah berasal dari penjelasan diatas, maka kita dapat tahu apa saja yang harus dibikin di dalam surat kuasa khususnya surat kuasa khusus. Dan di bawah ini kita dapat memberi tambahan beberapa tips sebabkan surat kuasa khusus.

  1. Sertakan information diri dengan tahu yang terdiri berasal dari nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, jenis kelamin, kebangsaan, dan alamat jelas.
  2. Tuliskan kata-kata yang berisikan pertolongan kuasa kepada seseorang yang bersangkutan.
  3. Berikan pula information lengkap orang yang diberikan kuasa layaknya nama, pekerjaan, alamat.
  4. Isi surat. Di bagian ini terkandung penjelasan perihal hal apa saja yang diperbolehkan untuk dijalankan oleh penerima kuasa.
  5. Terakhir bubuhkan isyarat tangan penerima kuasa yang disertai dengan materai 6000 dan isyarat tangan pemberi kuasa berserta nama jelas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah misal surat kuasa khusus yang dapat kita memberikan kepada anda.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a              : Dion Wendian

TTL/Umur         : Jepara, 07 Oktober 1988/28 tahun

Pekerjaan           : Pegawai Swata

Jenis kelamin     : Laki-laki

Kebangsaan       : WNI

Alamat               : Jalan Bumi Perwira No. 69 Jakarta

 

Dengan ini menerangkan memberi tambahan kuasa pekara No……………….(tulis no perkara terkecuali perkara sudah masuk dipersidangan) kepada :

 

N a m a               : …………………………..

Pekerjaan           : Pengacara/Advokat

Berkantor Jalan Anggur No. 36 Jakarta

 

KHUSUS

 

Untuk dan atas nama pemberi mewakili sebagai Penggugat, mengajukan gugatan ……………..terhadap ………………………..Pengadilan Negeri Jakarta.

Untuk itu yang diberi kuasa dikuasakan untuk menghadap dan menghadiri semua persidangan Pengadilan Negeri Jakarta, menghadapi instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim, pejabat-pejabat, pembesar-pembesar, menerima, mengajukan kesimpulan-kesimpulan, berharap siataan, mengajukan dan menolak-saksi-saksi, terima atau menampik info saksi-saksi, berharap atau memberi tambahan segala info yang diperlukan, dapat mengadakan perdamaian dengan kriteria yang diakui baik oleh yang diberi kuasa, terima duwit pembayaran dan memberi tambahan kwitansi isyarat penerimaan dan memberi tambahan kwitansi isyarat penerimaan uang, berharap penetapan, putusan, pelaksanaan putusan (eksekusi), jalankan peneguran-peneguran, dapat menyita segala tindakan yang penting, harus dan berfaedah sehubungan dengan menjalankan perkara serta dapat mengerjakan segala suatu hal pekerjaan yang biasanya dapat dijalankan oleh seorang kuasa/wakil manfaat kepentingan tersbeut diatas, juga mengajukan permintaan banding atau kontra, kasasi atau kontra.

Kuasa ini memberikan dengan berhak beroleh honorarium (upah) dan retensi (hak mencegah barang punya orang lain) serta dengan hak substitusi (melimpahkan) kepada orang lain baik beberapa maupun seluruhnya.

 

Jakarta, 15 Agustus 2016

 

Penerima Kuasa                                                                                      Pemberi Kuasa

 

Materai 6000

 

(Nama Jelas)                                                                                          (Nama Jelas)

 

Baca Juga:

 

Author: 2bfmp