Indonesia Jadi Anggota Komisi Pendidikan Dunia

Indonesia Jadi Anggota Komisi Pendidikan Dunia

Indonesia Jadi Anggota Komisi Pendidikan Dunia

Indonesia Jadi Anggota Komisi Pendidikan Dunia
Indonesia Jadi Anggota Komisi Pendidikan Dunia

Indonesia masuk dalam satu dari lima anggota komisi pendidikan

yang diorganisir PBB. Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia yang masuk dalam komisi tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg pada Oslo Summit on Education for Development 7 Juli lalu mengumumkan Indonesia masuk dalam Commission on the Financing of Global Education Opportunities.

Komisi baru ini berangggotakan Erna Solberg yang mewakili Norwegia, Presiden Chili Michelle Bachelet, Presiden Joko Widodo, Presiden Malawi Peter Mutahrika sementara Direktur Jenderal Unesco Irina Bokova betindak sebagai co-convenors komisi baru ini.

Sementara mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown

yang akan menjadi ketua komisi itu.

“Kita tentu merasa terhormat karena Indonesia

satu-satunya negara yang mewakili Asia. Pertemuan pertama komisi ini sendiri akan dilakukan September nanti,” katanya pada Pemberian Penghargaan pada Tokoh Nasional yang Berjasa pada Program Unesco di Kantor Kemendikbud, Kamis (27/8/2015).

Pengagas Indonesia Mengajar ini menjelaskan, komisi ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan investasi di sektor pendidikan global yang selama ini dipandang kekurangan dana.

Pada praktiknya, komisi ini akan mengindentifikasi tantangan pendanaan di sektor pendidikan, menyusun roadmap untuk meningkatkan investasi di sektor pendidikan global dan memberikan rekomendasi kebijakan kepada para stakeholders bidang pendidikan dunia.

Tujuan penting komisi ini, ujar Anies, adalah ingin menjadikan pendidikan sebagai agenda utama pembangunan untuk 15 tahun ke depan.

Kemendikbud sendiri yang ditugasi presiden untuk menyusun bahan dalam pertemuan September nanti.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/struktur-dan-jaringan-tumbuhan/

Author: 2bfmp