Novel Karya Siswa-siswa SMA Negeri 1 Cimahi

Novel Karya Siswa-siswa SMA Negeri 1 Cimahi

Novel Karya Siswa-siswa SMA Negeri 1 Cimahi

 

Novel Karya Siswa-siswa SMA Negeri 1 Cimahi

CIMAHI, DISDIK JABAR

Lais, merupakan seorang pengusaha kelapa. Lais memiliki kebiasaan memanjat pohon kelapa saat musim panen tiba. Lais sadar memanjat pohon satu persatu membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang besar. Maka, Lais memiliki ide lain dengan memasang tali antar pohon. Sehingga, Lais dapat meloncat dari satu pohon ke pohon lainnya untuk mengumpulkan kelapa.

Cerita Lais tersebut merupakan awal mula kesenian Lais asal Kabupaten Garut

Cerita tersebut dikemas kembali oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Cimahi dalam sebuah novel sejarah. Novel ini merupakan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia khusus bagi kelas 12.

“Kita ditugaskan dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk membuat novel. Bisa mengambil kesenian Lais atau Tari Topeng,” ujar siswa kelas 12 IPS 2, SMA Negeri 1 Cimahi, Muhammad Saiful Ruuhulhaq.

Saiful merupakan salah satu siswa yang membuat novel sejarah mengenai kesenian Lais

Saiful mengatakan, satu novel dikerjakan oleh satu kelompok siswa. Setiap kelas terdiri dari beberapa kelompok. Untuk mendapatkan bahan dalam pembuatan novel, Saiful menjelaskan setiap kelas mengirimkan satu orang siswa untuk melakukan penelitian langsung ke tempat lahirnya kesenian tersebut.

Untuk kesenian Lasi

dikirim satu orang perwakilan siswa ke Kabupaten Garut. Di Garut kita bertemu langsung dengan Pak Dadang, keturunan ke 4 dari Lais. Dari sini Pak Dadang menceritakan bagaimana sejarah Kesenian Lais dan apa saja peralatan-peralatan yang digunakan,” ujar Saiful.

Setelah itu, perwakilan siswa yang melakukan penelitian

menceritakan kembali apa yang didapatnya kepada siswa lain yang tidak berangkat. Dari situ siswa yang mengambil tema Kesenian Lais menggunakan imajinasi mereka sendiri untuk mengembangkan cerita di novel yang akan digarap.

“Sejarah dicampur juga fiksi, karena pada pembelajaran Bahasa Indonesia ada novel sejarah, yang nanti kita kembangkan kembali,” ujar Saiful.

Membuat novel bersama teman-temannya merupakan hal yang menyenangkan untuk Saiful. Apalagi dirinya memang mempunyai hobi menulis. Novel ini adalah karya pertamanya dalam bentuk tulisan panjang.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cimahi, Doddy Sularto mengatakan, seluruh novel karya siswa dipamerkan dalam acara Pameran Pembelajaran dan Pagelaran Budaya SMA Negeri 1 Cimahi ke-2 yang dihadiri oleh Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, beberapa waktu lalu.

“Novel karya siswa kita dijadikan cendramata yang kita berikan kepada Wali Kota Cimahi dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat pada saat pameran pembelajaran,” ujar Doddy.

 

Sumber: https://pendidikan.co.id/

Author: 2bfmp