Telah Ditemukan, Galaksi Berbentuk Seperti Tablet

Astronom menemukan galaksi unik bernama LEDA 074886. Galaksi itu berbentuk tablet, memiliki sudut bak obat pill ataupun iPad. LEDA 074886 terletak terhadap jarak 70 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di konstelasi Eridanus. Galaksi ini ditemukan lewat pengamatan bersama teleksop Subaru di Hawaii.

Telah Ditemukan, Galaksi Berbentuk Seperti Tablet

Alister Graham dari Swinburne University of Technology di Australia, astronom penemu galaksi ini, mengatakan, “Awalnya saya kira ini kesalahan. Tapi pada akhirnya saya tak sanggup berhenti tersenyum.” Kebanyakan galaksi berbentuk piringan bersama spiral, ellips ataupun ireguler.

Dengan bentuk tablet, galaksi ini adalah sebuah anomali. Graham menjelaskan bahwa galaksi ini terletak di tepian galaksi lain yang lebih masif, https://www.ilmubahasainggris.com/ bernama NGC 1407. Galaksi pill ini 50 kali lebih redup dari Bimasakti.

Wajar kalau eksistensinya lama tak terdeteksi. Menurut Graham, galaksi pill ini adalah gabungan dari dua galaksi spiral. Saat bergabung, poros dua galaksi membentuk sudut galaksi tablet. LEDA 074886 adalah sebuah galaksi hibrida gara-gara memiliki ciri dua galaksi yang bergabung.

Berdasarkan teori, galaksi elips condong miskin material pembentuk bintang. Simulasi pc dapat menunjukkan bahwa sementara dua galaksi elips bergabung, galaksi balok terbentuk bersama kesibukan bintang minim.

Kontras bersama galaksi elips, type menunjukkan bahwa galaksi bersama gas pembentuk bintang yang banyak tak dapat jadi galaksi pill kalau merger dan memiliki kesibukan bintang tinggi. LEDA 074886 unik gara-gara selain memiliki bentuk tablet, kesibukan bintang termasuk terdeteksi di piringannya.

Keunikan ini dapat menolong astronom mengembangkan type merger galaksi yang lebih kompleks. Ben More, pakar fisika teoretis dari University of Zurich yang termasuk terlibat penelitian, dapat mengembangkan type pembentukan LEDA 074886 bersama superkomputer tahun ini.

Graham, layaknya dikutip National Geographic, Selasa (20/3/2012), menyebutkan bahwa type itu dapat memprediksi usia bentuk tablet. Menurut Graham, kalau LEDA 074886 sanggup merger bersama galaksi yang pas, bentuk pill yang dimilikinya dapat hilang didalam sebagian miliar tahun. Hasil studi Graham dan rekannya dapat segera dipublikasikan di Astrophysical Journal.

Author: 2bfmp